Forumnya Anak 61
Selamat Datang!

Forum ini masih dalam masa pengembangan, jadi kalo ada ide bisa kirim PM ke admin atau moderatornya, atau bisa masuk ke subforum kritik dan saran. thx

Jangan cuma celingak-celinguk aja, tapi register dan ajak yg lain juga supaya rame.
Forumnya Anak 61

Forumnya Anak 61
 
HomeHome  CalendarCalendar  GalleryGallery  FAQFAQ  SearchSearch  MemberlistMemberlist  UsergroupsUsergroups  RegisterRegister  Log in  

Share | 
 

 ciri ciri akan terjadinya gempa

View previous topic View next topic Go down 
AuthorMessage
yuanandabayu
Sophomore
Sophomore
avatar

Male Jumlah posting : 7
Reputasi : 0
Tanggal Join : 2009-11-01
Lokasi : pondok kelapa anti macet dan banjir

PostSubject: ciri ciri akan terjadinya gempa   Sun Nov 01, 2009 10:07 pm

Waspadai 4 Tanda Ciri-ciri Akan Terjadinya Gempa Bumi

Ada beberapa ciri-ciri yang dapat terlihat jika akan terjadi gempa bumi. Beberapa ciri-ciri tersebut antara lain:

Lihat ke langit
kalau di langit ada awan yang berbentuk seperti angin tornado/seperti pohon/seperti batang, bentuknya berdiri, itu adalah awan gempa yang biasanya muncul sebelum gempa terjadi.

Awan yang berbentuk aneh itu terjadi karena adanya gelombang elektromagnetis berkekuatan hebat dari dasar bumi, sehingga gelombang elektromagnetis tersebut ‘menghisap’ daya listrik di awan, oleh karena itu bentuk awannya jadi seperti tersedot ke bawah.

Gelombang elektromagnetis berkekuatan besar itu sendiri terjadi akibat adanya patahan atau pergeseran lempeng bumi. Tapi kemunculan awan gempa seperti itu di langit tidak selalu berarti akan ada gempa. Bisa saja memang bentuknya seperti itu.

Coba diuji medan elektromagnetis di dalam rumah
- Cek siaran TV, apakah ada suara brebet-brebet ataukah tidak
- Jika terdapat mesin fax, cek apakah lampunya blinking biarpun lagi tidak transmit data
- Coba minta orang lain mengirim fax ke kita, cek apakah teksnya yang diterima berantakan atau tidak
- Coba matikan aliran listrik. Cek apakah lampu neon tetap menyala redup/remang-remang biarpun tak ada arus listrik

Kalo tiba-tiba TV brebet-brebet, lampu fax blinking, padahal sedang tidak transmitting, teks yang kita terima berantakan dan neon tetap menyala biarpun tidak ada arus listrik, itu berarti memang sedang ada gelombang elektromagnetis luar biasa yang sedang terjadi tapi kasat mata dan tidak dapat dirasakan oleh manusia.

Perhatikan hewan-hewan
Cek apakah hewan-hewan seperti “menghilang”, lari atau bertingkah laku aneh/gelisah. Insting hewan biasanya tajam dan hewan bisa merasakan gelombang elektromagnetis.

Air tanah
Lihat juga apakah air tanah tiba-tiba menjadi surut tidak seperti biasanya.

Jika empat tanda ini ada atau terlihat dalam waktu bersamaan, segeralah bersiap-siap untuk evakuasi. Empat tanda tersebut kemungkinan besar menunjukkan memang akan ada gempa berkekuatan besar.

Walaupun demikian, adanya awan gempa yang bentuknya aneh itu, tetap tidak bisa memastikan kapan gempa terjadi.
Oleh karena itu jangan tunggu-tunggu lagi, sebisa mungkin langsung melakukan tindakan penyelamatan diri untuk menghindari hal-hal yang paling buruk.

Kalau skala gempanya besar dan episentrumnya terletak di laut, kita harus selalu aware akan datangnya gelombang tsunami. Tingginya gelombang bisa puluhan meter, bisa juga hanya dua meter. Tapi biarpun hanya dua meter, gelombangnya tidak main-main. Kekuatannya dahsyat (seperti tidak ada habisnya) dan tekanannya bisa mencapai 190 kilogram.
Back to top Go down
View user profile
yuanandabayu
Sophomore
Sophomore
avatar

Male Jumlah posting : 7
Reputasi : 0
Tanggal Join : 2009-11-01
Lokasi : pondok kelapa anti macet dan banjir

PostSubject: Re: ciri ciri akan terjadinya gempa   Sun Nov 01, 2009 10:07 pm

berguna nih gan cheers cheers cheers cheers cheers cheers cheers cheers cheers cheers cheers cheers cheers cheers cheers cheers cheers cheers bounce bounce bounce bounce bounce bounce rabbit rabbit rabbit rabbit rabbit rabbit rabbit rabbit rabbit rabbit rabbit rabbit pirat pirat pirat pirat pirat
Back to top Go down
View user profile
zul achmad fauzan
Sophomore
Sophomore
avatar

Male Jumlah posting : 49
Reputasi : 3
Tanggal Join : 2009-11-01
Umur : 25
Cita-cita : lain-lain

PostSubject: Re: ciri ciri akan terjadinya gempa   Sun Nov 01, 2009 10:09 pm

tambahan bay,kalo ipul,remon,benji,gom2,abdi,berlari pada waktu yang bersamaan
Back to top Go down
View user profile
(kobay)³
Junior
Junior
avatar

Male Jumlah posting : 371
Reputasi : 2
Tanggal Join : 2009-11-01
Umur : 25
Lokasi : dibalik kancut pak lurah
Cita-cita : lain-lain

PostSubject: Re: ciri ciri akan terjadinya gempa   Sun Nov 01, 2009 10:11 pm

nah gw ga ikutan ye jul
Back to top Go down
View user profile
khairulhadi
Junior
Junior
avatar

Male Jumlah posting : 210
Reputasi : 0
Tanggal Join : 2009-11-01
Umur : 25
Cita-cita : lain-lain

PostSubject: Re: ciri ciri akan terjadinya gempa   Sun Nov 01, 2009 10:16 pm

nice info gannn Razz
Back to top Go down
View user profile
SavierOtto
Junior
Junior


Female Jumlah posting : 276
Reputasi : 1
Tanggal Join : 2009-11-02
Umur : 24
Lokasi : Rune Midgard? Federlend? Middle Earth? HECK NO ! I'M in Gliese
Cita-cita : lain-lain

PostSubject: Re: ciri ciri akan terjadinya gempa   Mon Nov 02, 2009 12:44 pm

Nasa gempa dung. Biar libur.
Back to top Go down
View user profile
Gerry_H
Sophomore
Sophomore


Male Jumlah posting : 24
Reputasi : 3
Tanggal Join : 2009-11-02
Umur : 24
Lokasi : VAULT 101
Cita-cita : lain-lain

PostSubject: Re: ciri ciri akan terjadinya gempa   Mon Nov 02, 2009 10:10 pm

zul achmad fauzan wrote:
tambahan bay,kalo ipul,remon,benji,gom2,abdi,berlari pada waktu yang bersamaan
set dah ini gempa jenis apa ya?
btw nice info
Back to top Go down
View user profile
daniel
Junior
Junior
avatar

Male Jumlah posting : 173
Reputasi : 8
Tanggal Join : 2009-11-01
Umur : 25
Lokasi : Rumah Sakit Gahol
Cita-cita : lain-lain

PostSubject: Re: ciri ciri akan terjadinya gempa   Wed Nov 04, 2009 7:44 am

Nice info sih, tapi emang langit ngaruh ya? Belom pernah dicoba sih. Hahaha
Back to top Go down
View user profile http://sisubagio.tumblr.com
(kobay)³
Junior
Junior
avatar

Male Jumlah posting : 371
Reputasi : 2
Tanggal Join : 2009-11-01
Umur : 25
Lokasi : dibalik kancut pak lurah
Cita-cita : lain-lain

PostSubject: Re: ciri ciri akan terjadinya gempa   Wed Nov 04, 2009 9:34 pm

daniel wrote:
Nice info sih, tapi emang langit ngaruh ya? Belom pernah dicoba sih. Hahaha

coba deh search di youtube "awan gempa padang"

awan tersebut membuat formasi yang mencengangkan sekali
Back to top Go down
View user profile
firmancoy
Sophomore
Sophomore
avatar

Male Jumlah posting : 82
Reputasi : 0
Tanggal Join : 2009-11-01
Lokasi : di pikiran anda

PostSubject: Re: ciri ciri akan terjadinya gempa   Sat Nov 14, 2009 10:23 am

zul achmad fauzan wrote:
tambahan bay,kalo ipul,remon,benji,gom2,abdi,berlari pada waktu yang bersamaan
nais answer lol! lol!
Back to top Go down
View user profile
Sponsored content




PostSubject: Re: ciri ciri akan terjadinya gempa   

Back to top Go down
 
ciri ciri akan terjadinya gempa
View previous topic View next topic Back to top 
Page 1 of 1

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Forumnya Anak 61 :: Santai :: Lounge-
Jump to: